Image default
Fatwa

Ukuran Sutroh dalam Sholat

Ukuran Sutroh dalam Sholat

Fadhilatus Syaikh Sholih bin Fauzan bin ‘Abdullah Al Fauzan pernah ditanya, “Berapakah ukuran tinggi sutroh di depan orang yang sholat? Dan apakah sutroh cukup dengan membuat garis dengan tangan?”

Beliau menjawab, “Mengadakan sutroh di depan orang yang sholat hukumnya sunnah bagi imam dan munfarid (orang yang sholat sendirian). Adapun makmum maka sutroh baginya adalah sutrohnya imam, baik berupa dinding, tiang, atau tongkat, yang ia tancapkan di tanah, atau  ia tegakkan di depannya, atau sekedar diletakkan di depannya. Bisa juga dengan suatu benda yang tinggi seperti pohon atau batu.

Dan yang lebih utama hendaknya sutroh tingginya semisal pelana hewan kendaraan. Dan jika tidak menemui suatu benda yang tinggi maka boleh menggaris dengan suatu garis untuk sutroh.”

 

(Diangkat dari Al Muntaqo min Fatawa Fadhilatus Syaikh Sholih bin Fauzan bin Abdullah Al Fauzan, Cetakan ke-2, Tahun 1426 H/2005 M, Maktabah Al Furqon, ‘Ajman, 2/141).

Related posts

Pengaruh ‘Ain (Pandangan Mata)

Klik UK

Meminta Bantuan kepada (Penghuni) Kuburan Para Wali, Thawaf Mengelingginya dan Bernadzar untuk Mereka serta Menjadikan Mereka sebagai Perantaraan Di sisi Allah

Klik UK

(Hukum) Seseorang yang Menyembah Selain Allah atau Berdo’a kepada selain-Nya atau Menyembelih untuk Seorang Syaikh

Klik UK

Leave a Comment