Image default
Fatwa

Mengapa agama Islam dinamakan Islam?

FATWA LAJNAH DAIMAH LILBUHUTS AL-ILMIYAH WALIFTA’

JILID 1 TENTANG AQIDAH

Disusun oleh: ASY-SYAIKH AHMAD BIN ABDURRAZAQ AD-DUWAISY

شهادة أن لا إله إلا الله

:(7887)    السؤال الأول والثاني والثالث من الفتوى رقم

س1: لماذا سمي الدين الإسلامي (بالإسلام)؟

جـ1: لأن من دخل فيه أسلم وجهه لله واستسلم وانقاد لكل ما جاء عن الله وعن رسول الله صلى الله عليه وسلم من الأحكام, قال تعالى: و من يرغب عن ملةإبراهيم إلا من سفه نفسه إلى قوله: إذ قال له ربه أسلم قال أسلمت لرب العالمين وقال: بلى من أسلم وجهه لله وهو محسن فله أجره عند ربه

 

Persaksian bahwa tidak sesembahan yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah

 

Pertanyaan pertama, kedua dan ketiga dari fatwa nomor 7887:

 

Soal: Mengapa agama Islam dinamakan Islam?

Jawab: Karena seseorang yang masuk ke dalam agama islam menyerahkan wajahnya (tunduk patuh) kepada Allah, berserah diri dan taat terhadap apa yang datang dari Allah dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berupa hukum-hukum (syariat). Allah berfirman:

و من يرغب عن ملةإبراهيم إلا من سفه نفسه

“Dan tidak ada yang benci kepada agama Ibrahim, melainkan orang yang memperbodoh dirinya sendiri.” Sampai firman Allah:

إذ قال له ربه أسلم قال أسلمت لرب العالمين

“Ketika Tuhannya berfirman kepadanya: “Tunduk patuhlah” Ibrahim menjawab: “Aku tunduk patuh kepada Tuhan semesta alam.” Allah berfirman:

بلى من أسلم وجهه لله وهو محسن فله أجره عند ربه

“(Tidak demikian) bahkan barangsiapa yang menyerahkan diri kepada Allah, sedang ia berbuat kebajikan, maka baginya pahala pada sisi Tuhannya.

 

Semoga Allah memberi taufiq, semoga shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

(Sumber : Fatwa lajnah daimah lilbuhuts al-ilmiyah walifta’ tentang aqidah yang disusun oleh Syaikh Ahmad bin Abdurrazaq Ad-Duwaisy, dari situs www.dorar.net atau mauqi’u ad-durar as-saniyah).

Related posts

(Hukum) Menggantungkan Besi pada Wanita yang sedang Nifas dan Anak yang disunat untuk Mendatangkan Manfaat atau Menolak Mudharat

Klik UK

Apakah Daging Sembelihan yang Disebut Nama Wali (ketika menyembelihnya) Halal Dimakan?

Klik UK

(Hukum) Sembelihan Orang yang Bersyahadat bahwa Tidak ada Sesembahan yang Berhak diibadahi dengan Benar kecuali Allah dan Melaksanakan Shalat tetapi Ia Menggantungkan Jimat dari al-Qur’an

Klik UK