Image default
Fatwa

Hukum Sholat Sendirian di Belakang Shof

Hukum Sholat Sendirian di Belakang Shof

Fadhilatus Syaikh Sholih bin Fauzan bin ‘Abdullah Al Fauzan pernah ditanya, “Apakah sah sholat seseorang yang sholat sendirian di belakang shof ?”

Beliau menjawab, “Tidak sah sholat seseorang yang sholat sendirian di belakang shof. Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah melihat seorang laki-laki sholat di belakang shof sendirian maka beliau memerintahkan orang tersebut untuk mengulangi sholatnya, sebagaimana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh al-Khomsah kecuali An-Nasa’i. Dan telah datang hadits-hadits lain semakna dengannya.[1]

Yang wajib bagi seseorang jika ia datang di masjid sedangkan iqomah sudah dikumandangkan hendaknya ia masuk ke shof jika mendapatkan tempat di shof. Atau ia berdiri di samping imam jika itu memungkinkan. Atau ia menunggu sampai ada orang yang datang untuk bershof dengannya, dan tidak boleh baginya sholat sendirian di belakang shof karena hal itu dilarang.”

 

(Diangkat dari Al Muntaqo min Fatawa Fadhilatus Syaikh Sholih bin Fauzan bin Abdullah Al Fauzan, Cetakan ke-2, Tahun 1426 H/2005 M, Maktabah Al Furqon, ‘Ajman, 2/135).

 

[1] HR. Ahmad dalam Musnadnya (4/228), Tirmidzi dalam Sunannya (1/320-306), Abu Dawud dalam Sunannya (1/179), Ibnu Majah dalam Sunannya (1/320, 321),  Darimi dalam Sunannya (1/333, 334), Al Baihaqi dalam As-Sunan Al-Kubro (3/104, 105), dan diriwayatkan juga oleh selainnya.

Related posts

Hukum Mendatangi Tabib yang Melakukan Perbuatan Syirik dan Menyuruh Menyembelih Hewan untuk Selain Allah

Klik UK

Hukum Menyembelih Hewan untuk Tamu

Klik UK

Diperbolehkan Menyembelih Saibah dan Memanfaatkannya

Klik UK

Leave a Comment